Film Kartini

Kartini – Film Kartini merupakan film biografi tentang tokoh pahlawan wanita asal Jepara, R. A. Kartini yang diarahkan oleh sutradara kondang, Hanung Bramantyo. Sebelum menggarap film Kartini, Hanung pernah mengarahkan film biografi tentang Presiden pertama RI, Soekarno dalam film Soekarno: Indonesia Merdeka. Kapabilitas Hanung dalam mengarahkan film tidak perlu diragukan lagi. Beberapa film yang dibesut oleh ayah empat orang anak ini bahkan masuk ke dalam daftar film Indonesia terlaris berdasarkan jumlah penonton. Sebut saja Ayat-ayat Cinta (2008), Rudy Habibie (2016), dan Surga Yang Tak Dirindukan 2 (2017). Hanung juga berhasil dua kali menyabet penghargaan Sutradara Terbaik Festival Film Indonesia, di tahun 2005 berkat film Brownies dan di tahun 2007 berkat film Get Married. Naskah film Kartini ditulis sendiri oleh Hanung Bramantyo dan Bagus Bramanti serta diproduseri oleh Robert Ronny.

Baca juga: Tali Pocong Perawan

Sinopsis Film Kartini

Menceritakan kisah dari perjuangan dari Kartini yang melawan takdir dan tradisi keluarga. Kartini tumbuh dan melihat sendiri secara langsung bagaimana sang ibu kandungnya Ngasirah ( Christine Hakim ) menjadi orang buangan di rumah sendiri dan dianggap sebagai pembantu karena tidak mempunyai darah ningrat.

Ayahnya, Raden Mas Aryo Sosroningrat ( Deddy Sutomo ) sangat menyayangi dan mencintai Kartini dan keluarga juga tidak berdaya untuk melawan tradisi. Namun Kartini tidak putus asa serta menyerah begitu saja dan sepanjang hidupnya, Kartini memperjuangkan kesetaraan hak bagi semua orang, tidak peduli ningrat ataupun bukan yang terutama hak pendidikan untuk semua kaum perempuan.

Kartini bersama dengan kedua saudarinya, Roekmini ( Acha Septriasa ) dan Kardinah ( Ayushita Nugraha ) berjuang menjadi wanita yang sanggup untuk menentukan masa depan mereka sendiri, sesuai keinginan hati serta nurani dengan mendirikan sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan kerja untuk rakyat di Jepara dan sekitarnya.

Akan tetapi, melawan takdir dan juga tradisi keluarga bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan karena rintangan yang harus mereka hadapi dimulai dari tradisi pingitan dari kaum ningrat serta pemikiran kolot dari saudara ayahnya, Raden Mas Slamet ( Denny Sumargo ) dan Soelastri ( Adinia Wirasti ).

Meski begitu, Kartini masih didukung oleh kakak kandungnya, Raden Mas Panji Sosrokartono ( Reza Rahadian ) yang memberikan inspirasi bagi Kartini dengan selama masih ada buku, maka tidak ada yang bisa memenjarakan pikiran dan imajinasi Kartini.

Detail Crew Film Kartini

Judul : Kartini
Tanggal Rilis : 19 April 2017
Genre : Drama, Biografi, Sejarah
Sutradara : Hanung Bramantyo
Produser : Robert Ronny
Penulis Naskah : Bagus Dramanti, Hanung Bramantyo
Durasi : 122 Menit
Rating : Remaja (R-13+)
Produksi : Legacy Pictures, Screenplay Films
Pemeran :
Dian Sastrowardoyo sebagai Raden Adjeng Kartini
Neysa Chan sebagai Raden Adjeng Kartini kecil
Deddy Sutomo sebagai Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat
Christine Hakim sebagai M.A. Ngasirah
Nova Eliza sebagai M.A. Ngasirah Muda
Djenar Maesa Ayu sebagai Raden Adjeng Moeriam
Acha Septriasa sebagai Roekmini
Ayushita sebagai Kardinah
Reza Rahadian sebagai Sosrokartono
Adinia Wirasti sebagai Soelastri
Denny Sumargo sebagai Slamet
Dwi Sasono sebagai Raden Adipati Joyodiningrat
Rianti Cartwright sebagai Wilhelmina
Hans de Kraker sebagai Ovink-Soer
Carmen van Rijnbach sebagai Cecile de Jong
Rebecca Reijman sebagai Stella Zeehandelaar

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *