Jelangkung

jelangkung

Jelangkung (Internasional:The Uninvited) adalah sebuah film horor dari Indonesia yang dirilis tahun 2001. Film yang disutradarai Rizal Mantovani dan Jose Poernomo ini mengusung tema ritual mistis kuno jailangkung dari Indonesia dan legenda-legenda urban dari daerah Jakarta, seperti legenda Hantu Rumah Kentang dan Suster Ngesot.

Ferdi (Winky Wiryawan), Gita (Melanie Ariyanto), Gembol (Rony Dozer), dan Soni (Harry Pantja) adalah empat sekawan yang berbeda dari Jakarta yang selalu penasaran mencari pengalaman dengan makhluk halus di tempat-tempat angker. Mereka telah mendatangi berbagai tempat yang dikabarkan berhantu, namun tak kunjung menjumpai yang mereka cari. Lelah tidak menemukan yang mereka cari, mereka mendapat ide yang sama dengan yang dikabarkan dan mendapatkan orang-orang yang menemukan.

Setibanya di desa Angkerbatu semua terasa biasa-biasa saja sampai mereka menemukan sebuah kubur tanpa nama di tengah hutan desa tersebut. Kubur tersebut sangat misterius karena tidak digunakan bersama kubur-kubur pada umumnya. Setelah putus asa tidak menemukan penampakan apa pun selama tiga hari, mereka putus asa dan memutuskan untuk pulang.

Namun pada akhirnya, Soni yang menginginkan untuk memiliki ilmu gaib, diam-diam melakukan ritual “jelangkung” di kubur misterius tersebut. Jelangkung adalah sebuah ritual mistik kuno yang konon bisa memanggil dari alam baka untuk datang ke dunia nyata dan menitis ke batangan dari batok kelapa dan tongkat kayu. Soni menjalankan ritual sambil mengucapkan mantra: “Jelangkung, jelangkung, di sini ada pesta kecil-kecilan, datang tak dijemput, pulang tak diantar” untuk memanggil makhluk halus.

Kemudian Soni menancapkan boneka jelangkung ke kubur tersebut. Ferdi, Gita, dan Gembol mengetahui hal ini, dan walau tertarik untuk melihat reaksi boneka jelangkung, mereka menekankan Soni untuk mengakhiri ulahnya tersebut. Kecewa karena tidak ada reaksi dari boneka itu, Soni pun marah dan pergi meninggalkan teman-dan-berbicara dengan jari yang masih tertancap di kubur misteri. Mereka pun akhirnya meninggalkan kubur tersebut tanpa mencabut boneka jelangkung, tak sadar yang telah terjadi pada boneka jelangkung setelah mereka pergi. Setibanya di Jakarta, rentetan Ajaib aneh pun mulai terjadi dengan mereka, masing-masing dengan cara terpisah oleh sesosok hantu anak kecil yang mengerikan.

Saat mendatangi sebuah bangunan rumah sakit orang tua yang dikabarkan digentayangi oleh arwah hantu penasaran suster ngesot, Ferdi, Gita, Gembol, dan Soni akhirnya menemukan kengerian yang selama ini mereka cari. Ketakutanlah yang akhirnya menyelimuti mereka. Zulfikar (Ian Bahtiar), teman kuliah Ferdi, mencari mereka dengan Sakimin (Chandra), seorang paranormal yang dia kira bisa membantu mereka keluar dari masalah ini. Paranormal tersebut untuk mengetahui mereka dan meminta mereka untuk segera kembali ke desa Angkerbatu, menemukan kuburan itu dan mencabut boneka-boneka jelangkung yang mereka beralih. Namun perjalanan mereka tidak akan semudah yang mereka bayangkan. Mereka sedang menunggu mereka di kubur misterius desa Angkerbatu tersebut.

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *